Pembukaan Pelatihan Fasilitator Pengendalian PTM Bagi Kader Posyandu Gelombang 1 Tahun 2022

Direktur Peningkatan Mutu Tenaga Kesehatan Kemenkes RI, Ir. Doddy Izwardy, M.A. membuka secara resmi Pembukaan Pelatihan Fasilitator Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) Bagi Kader Posyandu Gelombang 1 Tahun 2022 pada Senin (15/08). Dalam sambutannya, disampaikan bahwa salah satu upaya menanggulangi PTM dengan menggerakan Kader Posyandu untuk melakukan skrining PTM sederhana. Meskipun skrining dilakukan secara sederhana, diperlukan peningkatan kapasitas Kader Posyandu.

Penyelenggaraan pelatihan sesuai arahan Menteri Kesehatan RI saat kunjungan kerja ke Semarang pada tanggal 5 Juli 2022, untuk meningkatkan kompetensi Kader dari 300.000 Posyandu terkait skrining PTM dengan melibatkan BBPK, Bapelkes dan Poltekkes yang ada di lingkungan Kemenkes. Kegiatan Posyandu Prima dilakukan oleh lima orang kader dibantu tenaga kesehatan Puskesmas setempat.

Kepala Bapelkes Semarang, sebelumnya melaporkan penyelenggaraan pelatihan.

Pembukaan Gelombang 1 merupakan gabungan dari Bapelkes Semarang dan Bapelkes Mataram. Gelombang 1 Bapelkes Semarang terdiri dari 4 angkatan, yakni 2 angkatan wilayah Provinsi Jawa Tengah dan 2 angkatan Provinsi Jawa Timur. Sedangkan Gelombang 1 Bapelkes Mataram terdiri dari 4 angkatan.

Pelatihan Gelombang 1 dilaksanakan pada 15 s.d 19 Agustus 2022. Peserta pelatihan terdiri dari PJ P2PTM dan Kesmas di Provinsi dan Dinkes Kab/Kota, Dosen atau Tenaga Pendidik dan tenaga kesehatan di Puskesmas. (ar)

Leave a Reply

12 − 9 =