Pembukaan Pelatihan Enumerator Riskesdas Gigi Dan Mulut 2018 Gelombang II Bapelkes Semarang

Senin (19/3), telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Enumerator Riskesdas Gigi dan Mulut Gelombang II di Auditorium Garuda Bapelkes Semarang, Jalan Pahlawan No 1 Semarang. Kepala Bapelkes Semarang, Taufik Hidayat, SKM, M.Kes telah membuka Pelatihan ini didampingi Ketua PDGI Wilayah Jawa Tengah, drg. Arimbi, M, H.Kes, pejabat struktural dan perwakilan widyaiswara Bapelkes Semarang. Pembukaan dihadiri 88 orang dari seharusnya 91 orang peserta. Peserta Gelombang II terdiri dari tiga angkatan berasal dari Klaten, Grobogan, Kendal, Brebes, Tegal, Jepara dan Semarang. Peserta terdiri dari dokter gigi di wilayah Jawa Tengah yang telah ditetapkan atau ditunjuk oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) bersama dengan Litbangkes Kementerian Kesehatan.

Dalam Kerangka Acuan Pelatihan Enumerator Riskesdas Gigi dan Mulut 2018, disebutkan bahwa berdasarkan World Health Assembly 60.17 tahun 2017 dan pendekatan riset WHOSTEPSwise, maka survei dasar kesehatan gigi dan mulut harus terintegrasi ke dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Survei dasar kesehatan gigi dan mulut merupakan survei untuk mengumpulkan data dan informasi dasar tentang masalah, kelainan atau penyakit yang ditemukan pada gigi dan mulut melalui suatu pemeriksaan klinis dan pengisian angket.

Ketua Panitia, Sulkan, S.Kp,Ns dalam laporannya menyebutkan bahwa pelatihan dilaksanakan pada tanggal 18 – 23 Maret 2018 selama empat hari efektif dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 32 JPL. Pelatihan Enumerator Riskesdas Mulut dan Gigi Gelombang II ini merupakan gelombang terakhir yang dilaksanakan di Bapelkes Semarang untuk Periode 2018. (ar/rh)

 

 

 

 

Leave a Reply

nine + 12 =