Pembukaan Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara bagi Dokter dan Bidan di FKTP di Wilayah Provinsi Jawa Tengah Angkatan 4

Senin (15/08), Bapelkes Semarang bekerjasama dengan Bapelkes Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara bagi Dokter dan Bidan di FKTP di Wilayah Provinsi Jawa Tengah Angkatan 4 secara daring. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang, Asep Zaenal Mustofa, SKM, M.Epid.

Dalam sambutannya, Kepala menyampaikan bahwa Pelatihan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan pelatihan yang berbasis kompetensi. Pendekatan ini memfokuskan pada pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan suatu tindakan.

Tindakan yang dimaksud adalah tindakan dalam melakukan pemeriksaan payudara, inspeksi visual serviks dengan asam asetat (IVA) dan krioterapi sebagaimana yang akan dipraktekkan pada model ataupun simulasi pada materi ini yang ada dalam pelatihan ini.

Kepala berharap seluruh peserta dapat mengikuti dengan seksama dari awal hingga akhir pelatihan, sehingga semua materi dapat dipahami dan diimplementasikan dengan baik.

Sub Koordinator Pelatihan Bapelkes Provinsi Jawa Tengah, Suyoto, S.Kp.Ns., M.Kes sebelumnya melaporkan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan dilaksanakan secara blended learning sebanyak 68 JPL, dengan rincian secara distance learning pada tanggal 15 s.d 20 Agustus 2022 dan secara luring pada tanggal 22 s.d 25 Agustus 2022.

Peserta pelatihan sejumlah 30 orang, yang terdiri dari dokter dan bidan.

Peserta berasal dari instansi Dinkes Kab. Klaten, Kab. Grobogan, Kab Pekalongan dan Kota Magelang. Acara pembukaan dihadiri oleh perwakilan Direktorat P2PTM Kemenkes RI, dr. Aldrin Neilwan Pancaputra,Sp.AK. (ar)

Leave a Reply

eight + 5 =