Pembukaan Latsar CPNS Golongan II Angkatan 1 Tahun 2019

Sebanyak 35 orang peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Golongan II mengikuti Pembukaan Latsar Gol III Angkatan I bertempat di Auditorium Bapelkes Semarang Kantor 2 di Salaman, pada hari Kamis  (13/6). Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM. Pembukaan pelatihan ini dihadiri Kepala Bagian Pengadaan Pegawai Biro Kepegawaian, Emmy Amalia, SKM, MPH  dan Kaurops Rindam IV Diponegoro di Magelang, Kapt Inf Sumitra. Tampak hadir pula para mentor peserta pelatihan, pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Pembukaan Latsar Gol 2 Akt 1 2019 di Kampus Salaman Bapelkes Semarang

Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki peranan yang menentukan dalam mengelola pra kondisi tersebut. Sejumlah keputusan strategis mulai dari merumuskan kebijakan sampai pada implementasi kebijakan dalam berbagai ektor pembangunan dilaksanakan oleh PNS. Untuk memainkan peranan tersebut, diperlukan sosok PNS yang profesional, yaitu PNS yang mampu memenuhi standar kopetensi jabatannya sehingga mampu melaksanakan tugas jabatannya secara efektif dan efisien. Untuk dapat membentuk sosok PNS profesional seperti tersebut diatas perlu dilaksanakan pembinaan melalui pelatihan.

Kegiatan pembukaan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, dilanjutkan dengan pembacaan janji peserta Diklat oleh perwakilan peserta. Pembacaan janji yang diikuti peserta lainnya, untuk setia pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Ketua Panitia, Mujiyono, S.Sos, MM melaporkan, “Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni hingga 16 Agustus 2019. Peserta berjumlah 35 orang.” Peserta berasal dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, RSUP Dr. Kariadi Semarang, Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, BBTKLPP Yogyakarta, Instalasi Gizi, Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu dan RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Sedangkan jabatan peserta pelatihan meliputi Asisten Apoteker Terampil, Perawat Terampil, Perekam Medis, Terapis Wicara Terampil, Pengelola Keuangan, Sanitarian, Nutrisionis Terampil, Tenaga Teknis Kefarmasian, Ortotik Prostetik Terampil, Teknisi Litkayasa, Pengadministrasi Keuangan, Radiografer Terampil, Pranata Laboratorium Kesehatan Terampil dan Entomolog Kesehatan Terampil.

Kepala Bapelkes Semarang mengalungkan tanda peserta
kepada perwakilan Peserta Latsar Gol 2 Akt 1 2019 Bapelkes Semarang

Kepala Bapelkes Semarang berkenan memberikan sambutan dalam acara ini. “ Agar pelatihan dasar CPNS tujuan dapat tercapai kami harapkan keterlibatan semua pihak, utamanya peran dari mentor selaku atasan langsung peserta untuk dapat memberikan pendampingan dan bimbingan kepada para peserta sehingga peserta dapat mengubah pola prilaku dan mindset agar mampu menjadi pelayan publik yang profesional. Dan setelah kembali ke unit kerja peserta dapat mengimplementasikan apa yang diperoleh selama pelatihan sesuai dengan tugas dan jabatannya, serta dapat memberikan perubahan pada instansi masing-masing.”, pesan Ibu Kepala. (ar)

Leave a Reply

four × two =