Pembukaan Latsar CPNS 2018 Golongan II Angkatan II Bapelkes Semarang

Latsar Golongan II Angkatan II dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2018 s.d 16 Agustus 2018. Pelatihan ini dilaksanakan selama 113 Hari Kerja atau 1141 Jam Pelatihan (JP) dengan perincian 35 hari kerja atau setara dengan 353 JP untuk pembelajaran klasikal dan 78 hari kerja atau setara dengan 788 JP untuk pembelajaran non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja.

Kepala Bapelkes Semarang, Taufik Hidayat, SKM, M.Kes telah membuka Latsar Golongan II Angkatan II di Kantor 2 Bapelkes Semarang, Jalan Raya Salaman No. 48 Magelang pada hari Selasa (20/3). Pembukaan kali ini dihadiri pejabat struktural  dari masing – masing satker pengirim selaku mentor, Kapten Deng Seba mewakili Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro di Magelang, fasilitator, serta pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Dalam laporan Ketua Panitia, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes disebutkan bahwa terdapat empat mata diklat dalam Latsar. Struktur kurikulum Latsar CPNS 2018 terdiri dari kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas. Kurikulum pembentukan karakter PNS terdiri dari agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai – nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, studi lapangan dan agenda habituasi (pembimbingan dan seminar). Sedangkan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas meliputi kompetensi teknis umum/administrasi dan kompetensi teknis substantif.

Peserta berjumlah 28 orang berasal dari RS Ortopedi Prof. Dr.R. Soeharso Surakarta 6 orang, RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga3 orang, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang 7 orang, RSUP Dr. Kariadi Semarang 6 orang, RSUP Dr. Sardjito 3 orang dan RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro 3 orang. Evaluasi peserta meliputi evaluasi akademik, evaluasi aktualisasi, evaluasi sikap dan perilaku bela negara, evaluasi penguatan kompetensi bidang tugas, evaluasi akhir, evaluasi penyelenggaraan dan Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP). EPP akan dilaksanakan setelah 6 bulan s.d 12 bulan pasca Diklat.(ar/rh)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

two × four =