Pembekalan Online Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Pemkab Semarang

Bapelkes Semarang bekerjasama dengan BKD Kabupaten Semarang melaksanakan pembekalan peserta sebagai persiapan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Pemerintah Kab Semarang. Tujuan diadakan pembekalan supaya peserta mengetahui dan memahami pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (distance learning ) pada PKP. Pembekalan peserta dilaksanakan secara online selama 2 (dua) hari pada tanggal 3 – 4 Agustus 2020, dengan jumlah peserta masing – masing 20 orang. Acara pembekalan dihadiri oleh Kepala BKD Kab Semarang beserta jajaran, Kepala Bapelkes Semarang, Komite Penjamin Mutu (KPM), fasilitator, panitia dan peserta pelatihan.

Kepala BKD Kab Semarang beserta jajaran
Peserta pembekalan PKP Kab Semarang hari 1 (03/08/2020)
Peserta pembekalan PKP Kab Semarang hari 2 (04/08/2020)

Rencana pelaksanaan PKP dimulai pada tanggal 01 September 2020 secara jarak jauh (distance learning). PKP akan berlangsung dengan jadwal On Campus I off Campus I – on Campus II. Pada saat on Campus, peserta tidak datang ke tempat pelatihan karena pembelajaran full on line.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan paparan terkait Profil Bapelkes Semarang dan Kebijakan Penyelenggaraan PKP. Di antara peraturan yang terkait Penggunaan Anggaran Pelatihan Jarak Jauh meliputi SE LAN No.10/K.1/HKM.02.3/2020, SE LAN No.13/K.1/HKM.02.03/2020, SE LAN No.19/K.1/HKM.02.03/2020 dan Surat DJA Kemenkeu No. S-1200/AG/2020.

Agenda Pembekalan PKP Kab Semarang

Edy Sukiarko, SKM, M.Si perwakilan widyaiswara Bapelkes Semarang dan selaku Pengendali Pelatihan menyampaikan overview singkat Program Pembelajaran PKP di Masa Pandemi Covid19. Pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi SIPELATDU (Sistem Informasi Pelatihan Terpadu ), LENTERA (Learning Management Sytem Terpadu) dan zoom meeting.

Edy Sukiarko, SKM, M.Si

Aplikasi SIPELATDU digunakan peserta untuk pendaftaran, presensi dan evaluasi terhadap fasilitator dan evaluasi penyelenggaraan. Peserta dapat mengakses materi, modul, video, film pendek pada aplikasi LENTERA. LENTERA juga digunakan untuk upload penugasan materi dan learning journal. Sedangkan untukl proses pembelajaran tatap muka (Syncroneus Maya) melalui zoom meeting. Evaluasi peserta terdiri dari Evaluasi Substansi, Studi Lapangan, Aksi Perubahan dan Sikap Perilaku.

Lufthans Arstipendy, S.I.Kom

Sesi selanjutnya, Teknis Pembelajaran Jarak Jauh disampaikan oleh staf IT Bapelkes Semarang, Lufthans Arstipendy, S.I.Kom. Pada sesi ini disampaikan terkait panduan penggunaan aplikasi SIPELATDU dan LENTERA. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab. (ar)

Leave a Reply

3 × 4 =