Pemanfaatan Lentera Bapelkes Semarang

Aplikasi Learning Management System Terpadu (LENTERA) telah dimanfaatkan peserta pelatihan Bapelkes Semarang. Aplikasi ini dilaunching oleh Kepala Badan PPSDM tanggal 8 Juni 2020. LENTERA saat ini dimanfaatkan untuk 4 (empat) angkatan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gol III Kemendikbud (PNBP) dan 5 (lima) angkatan Pelatihan pembekalan NSI Covid-19 (Reguler).

Pemanfaatan LENTERA untuk Pelatihan Dasar CPNS dan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual Pada Masa Pandemi Covid-19

LENTERA menggunakan Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle). Moodle itu sendiri merupakan platform e-Learning atau bagian dari Learning Management System (LMS). e-Learning adalah pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh bantuan perangkat elektronik, seperti komputer, smartphone, audio, videotape, atau jaringan.

LENTERA membantu pelaksanaan Pelatihan Jarak Jauh (Distance Learning) dalam masa pandemi Covid-19, sebagai pendukung proses pembelajaran di kelas. Aplikasi ini juga sebagai persiapan infrastruktur pendukung Pelatihan Online/ Pelatihan Jarak Jauh di era  revolusi industri 4.0.

Dashboard Aplikasi LENTERA

Peserta pelatihan dapat mengakses LENTERA, dengan alamat https://lentera.bapelkessemarang.id/. Sebelumnya peserta dapat mengunduh jadwal terlebih dahulu di SIPELATDU (https://sipelatdu.bapelkessemarang.id/). Fitur panduan penggunaan LENTERA mempermudah peserta menggunakan aplikasi ini. Selanjutnya peserta dapat mengakses materi pelatihan,  belajar kapan saja dan di mana saja. Learning can be Anytime and Anywhere.”

Dashboard Aplikasi LENTERA

Aplikasi LENTERA terdiri dari beberapa fitur. Pertama, Fitur Pembelajaran virtual untuk akses modul dan materi-materi pelatihan. Ke-dua, Fitur Pre post test atau ujian langsung melalui aplikasi. Nilai pre post test atau ujian dapat langsung diketahui peserta. Ke-tiga, Pengiriman tugas terpusat dan terintegrasi di sistem. Pengajar dapat langsung mengoreksi tugas peserta dan memberi nilai. Fitur ke-empat, Absensi kehadiran virtual untuk kedisiplinan peserta dalam mengikuti proses pelatihan. Ke-lima, fitur Live chat untuk sesi diskusi kelompok.(ar)

#SDM UNGGUL INDONESIA KUAT

Leave a Reply

17 − twelve =