Pelatihan Vaksinator COVID-19 Regional DIY

Pelatihan Vaksinator COVID-19 Bapelkes Semarang Tahun 2020 Akt 1 dan 2 wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), resmi dibuka oleh Kapuslat SDM Kesehatan Kemenkes RI, drg. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (11/1).

Kapuslat SDMK menyampaikan bahwa Pemerintah telah melakukan secara gencar langkah-langkah pemutusan mata rantai penularan COVID-19 secara cepat, tepat, fokus, terpadu, sinergis antara Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah. Pelatihan ini merupakan wujud kerjasama kita dalam upaya untuk pengendalian COVID-19 ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, drg. Pembayun Setyaning Astutie, M.Kes berterimakasih kepada Kapuslat SDMK dan Kepala Bapekes Semarang atas terselenggaranya pelatihan ini. Dalam sambutannya, Kadinkes DIY mengingatkan kepada seluruh vaksinator untuk ketat terhadap protokol kesehatan, melaksanakan 3M dan berkomunikasi kepada pasien. Pada saat Bapak/Ibu melaksanakan vaksinasi, jangan lupa komunikasi kepada pasien tetap harus dilakukan. Yang kita khawatirkan adalah KIPI yang akan ada setelah dilakukan vaksinasi. Oleh karena itu, pencegahan jauh lebih penting, jelasnya.

Lebih lanjut, Kadinkes DIY menyatakan akan tetap mensupport dan mengawal para vaksinator. Pihaknya juga berharap dapat berkonsultasi kepada Kapuslat SDMK dan Kepala Bapelkes Semarang dalam pelaksanaannya. Menutup sambutannya, disampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi, tidak hanya pelayanan tetapi juga edukasi dan literasi kepada masyarakat.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan akan berlangsung selama 4 (empat) hari dimulai tanggal 30 November hingga 3 Desember 2020. Target peserta pelatihan angkatan 1 dan 2 Prov DIY sebanyak 306 orang. Peserta merupakan tenaga kesehatan di Dinkes Provinsi, Dinkes Kabupaten/Kota, tenaga Kesehatan di Puskesmas Kecamatan, RSUP, RSUD, RS Pratama di Provinsi DIY. Selain itu peserta merupakan tenaga kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Prov DIY dan Jawa Tengah.

Peserta Akt 1 berasal dari Kab Sleman, Kab Bantul dan Kab Kulon Progo. Sedangkan peserta Akt 2 berasal dari Kab Gunungkidul, Kota Yogyakarta, Kab Sleman, KKP Jateng Kab Cilacap dan KKP DIY. Kriteria peserta untuk Dinkes Prov/Kab/Kota antara lain struktural/staf pengelola program imunisasi. Sedangkan kriteria peserta untuk RS, Puskesmas dan KKP meliputi dokter, bidan/perawat. (ar)

Leave a Reply

2 × 1 =