Pelatihan Vaksinator COVID-19 Jawa Timur Akt 7 Resmi Dibuka oleh Kapuslat SDM

Pelatihan Vaksinator COVID-19 Angkatan (Akt) 7 tahun 2020 wilayah Provinsi Jawa Timur Bapelkes Semarang resmi dibuka oleh Kapuslat SDM Kesehatan. Pembukaan pelatihan dilaksanakan secara online pada Rabu, 25 November 2020.

Laporan penyelenggaraan pelatihan disampaikan oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM. Pelatihan akan diselenggarakan secara distance learning mulai tanggal 25 s.d 28 November 2020. Target peserta pelatihan Akt 7 sebanyak 368 orang. Rincian target peserta meliputi 310 orang dari Puskesmas, faskes milik Polda Jawa Timur sejumlah 18 orang, faskes perwakilan Polda dari beberapa provinsi sebanyak 10 orang dan KKP sejumlah 30 orang. drg. Ajeng Choirin, MPH dan Waris Supaidah, SKM, M.Kes bertindak sebagai pengendali pelatihan.

Kepala Pusat Pelatihan (Kapuslat) SDMK Badan PPSDM Kesehatan, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes menyampaikan sambutan pada acara pembukaan. Kapuslat SDMK menyampaikan bahwa pemerintah juga terus berupaya melakukan interevensi – intervensi untuk memutus rantai penyebaran dan penularan COVID-19, yaitu dengan imunisasi kepada masyarakat untuk menimbulkan kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit yang berbahaya. “Dalam imunisasi COVID-19, maka konsep herd immunity/ kekebalan kelompok dapat kita gunakan, supaya apabila herd imunity terbentuk, maka cakupan imun pada sasaran harus tinggi dan menyeluruh,”ungkapnya.

Kapuslat SDMK menekankan peran penting tenaga kesehatan terkait vaksinator COVID-19. “Kami harap Bapak Ibu selain menjadi vaksinator, juga role model bagi masyarakat, menjadi contoh untuk menjalani imunisasi. Karena imunisasi tahap pertama diberikan kepada 1 juta tenaga kesehatan. Dimana pelakasanaan imunisasi harus mencapai 70 – 80% dari jumlah penduduk untuk mencapai herd immunity, tetapi karena vaksin datang bertahap, maka pemberian juga bertahap,”jelasnya.

Peran tenaga kesehatan lainnya, untuk memberi informasi yang benar kepada masyarakat terkait vaksin COVID-19. Pada akhir sambutannya, Kapuslat SDMK mengucapkan terimakasih kepada Bapelkes Semarang dan Dinkes Provinsi Jawa Timur atas kerjasama dalam menyelenggarakan pelatihan ini. (ar)

Dokumentasi Pembukaan Pelatihan Vaksinator CVID-19 Jatim Akt 7

Leave a Reply

2 × three =

Open chat