Pelatihan Vaksinator COVID-19 Jatim Akt 4 Bapelkes Semarang

Pelatihan Vaksinator COVID-19 Jatim Akt 4 Bapelkes Semarang resmi ditutup oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM (7/11/2020).

Kepala Seksi Pelatihan Teknis, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Peserta telah mengikuti pembelajaran secara e-learning menggunakan aplikasi zoom meeting, LENTERA dan SIPELATDU selama 4 (empat) hari dari tanggal 4–7 November 2020.

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Bapelkes Semarang, dilanjutkan dengan pelaksanaan pre test. Proses pembelajaran dilanjutkan dengan pemberian materi dasar, materi inti dan materi penunjang, serta diakhiri dengan post test.

Fasilitator dan narasumber berasal dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemkes RI, KOMNAS/KOMDA KIPI, Pusat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemkes RI, Dinkes Prov Jatim, Dinkes Kab Gresik, Kab Tuban, Kab Bangkalan, Kab Lumajang dan Widyaiswara Bapelkes Semarang.

Pelatihan diikuti dengan jumlah peserta sebanyak 332 orang dari target 338 orang. Peserta berasal dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) Puskesmas Kabupaten Blitar, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Bone, Kabupaten Karimun, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Tana Toraja, Kota Lubuk Linggau, Kota Makassar dan Kota Pagar Alam. Peserta juga berasal dari Faskes milik Polri di wilayah Polda Jatim, Faskes milik perwakilan Polda.

Hasil akhir pelatihan, terdapat kenaikan pada hasil Post Test dibandingkan Pre Test. Rata- rata nilai pre test yaitu 56, sedangkan post test 96. Perwakilan peserta, dr. Zaki Yuli Aryanto dari Puskesmas Sawoo Kab. Ponorogo memberikan kesan pesan peserta. Sedangkan pembacaan doa penutupan pelatihan oleh dr. Nurman Candra Cahyadi dari Puskesmas Pujer, Kab. Bondowoso. (ar)

Leave a Reply

14 − 6 =