Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi Covid 19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gelombang 6 Tahun 2021

Pelatihan Tata Laksana Vaksinasi COVID-19 bagi Vaksinator di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gelombang 6 Tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Kepala Puslat SDM Kes Kemenkes RI, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (21/01). Kapuslat SDMK menyampaikan upaya Pemerintah dalam mengendalikan Pandemi COVID-19.

Pemerintah saat ini telah mengatur kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk mengendalikan Pandemi COVID-19. PPKM meliputi pembatasan pegawai di tempat kerja dengan menerapkan WFH sebesar 75%, melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online, pembatasan operasional kegiatan restoran dan pusat perbelanjaan, pembatasan kegiatan di tempat ibadah, penghentian kegiatan di fasilitas umum dan sosial budaya, serta pengaturan kapasitas dan operasional transportasi umum.

Lebih lanjut, Kapuslat SDMK juga menyampaikan upaya Pemerintah dalam penyiapan vaksinasi COVID-19. Pelaksanaan vaksinasi yang terbagi dalam beberapa tahapan, dengan sasaran tenaga Kesehatan. “Kami harap peserta dapat menjadi pelaksana imunisasi COVID-19 di Puskesmas, Rumah Sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya sehingga pemutusan rantai penularan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan, “pungkasnya.

Ketua Panitia, Siti Nurchasanah, S.Si.T, MPH menyampaikan bahwa pelaksanaan pelatihan diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan keterampilan kepada petugas Kesehatan di Rumah Sakit, Puskesmas dan faskes lainnya dalam memberikan pelayanan imunisasi COVID-19, dalam rangka memutus mata rantai penularan penyakit dengan metode distance learning.

Target peserta pelatihan Gelombang 6 sejumlah 800 orang, masing-masing terdiri dari 400 orang peserta dari Prov Jateng dan Jatim. “Saat ini yang hadir dalam pembukaan sejumlah 622 orang terdiri dari Jateng 258 orang dan Jatim 364 orang, terangnya.

Kriteria peserta merupakan tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, bidan dan perawat. Peserta berasal dari Instansi Puskesmas, RS milik Pemerintah/Swasta serta Klinik yang ditunjuk sebagai pelaksana Vaksinasi COVID-19. (ar)

#bapelkessemarang @kemenkes_ri

Leave a Reply

5 × two =