Pelatihan Service Excellence

Bapelkes Semarang dan Service Quality (SQ) Centre Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Service Excellence selama 2 (dua) hari pada tanggal 1-2 Desember 2020. Pelatihan menggunakan zoom meeting yang diikuti oleh seluruh pegawai Bapelkes Semarang.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM memberikan sambutan, membuka pelatihan ini. Penyelenggaraan pelatihan Service Excellence Bapelkes Semarang bertujuan mewujudkan satuan kerja bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dan meningkatkan pelayanan kepada publik dengan Core business pelatihan.

Selaras dengan hal tersebut Ibu Kepala menyampaikan kepada seluruh peserta pentingnya pelayanan prima. “Bagaimana agar pelayanan akan memberikan pengalaman dan manfaat kepada stakeholder yang pada akhirnya menghasilkan kepuasan pelanggan. Kita harus mempunyai keunggulan atau keunikan dibandingkan lembaga pelatihan lainnya. Hal ini ada kaitannya dengan persaingan ketat dengan lembaga lain, munculnya lembaga pelatihan baru, adanya perubahan dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), “ jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelatihan pelayanan prima akan diagendakan tiap tahun, sebagai pengingat bahwa pegawai Bapelkes Semarang adalah pelayan masyarakat. Mengakhiri sambutannya, Kepala Bapelkes Semarang menyampaikan terus berupaya melakukan pengembangan dan perubahan sesuai tagline Bersama Kita BISA (Berdedikasi, Inovatif, Santun dan Andal), sehingga dapat memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

Pelatihan service excellence bertujuan antara lain: 1) Membangun pemahaman dan kesadaran akan layanan prima di Bapelkes Semarang, 2) Mengenali aspek – aspek yang perlu dikelola dalam melayani customer, 3) Memahami prinsip dan panduan dalam berinteraksi dan melayani customer dan berlatih mempraktikkan interaksi layanan disertai dengan umpan balik.

Peserta pelatihan dibagi dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan pembelajaran dari SQ Centre Indonesia. Proses pembelajaran berlangsung menarik dan interaktif. Fasilitator memberikan materi esensi layanan, customer experience, panduan interaksi layanan, role play interaksi layanan dan action plan. (ar)

Leave a Reply

six − 4 =

Open chat