Pelatihan Jabatan Fungsional Perawat Jenjang Ahli Kerjasama BKPPD Kabupaten Tegal dengan Bapelkes Semarang

Bapelkes Semarang bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Tegal menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Perawat Jenjang Ahli. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM (9/11/2020).

Pembukaan pelatihan secara online dihadiri oleh Kepala Bidang Diklat BKPPD Kab Tegal, Bapak Slamet, S.Pd., M. Kes dan Ketua PPNI Kab Tegal, Amat Kiswandi, S.Kep., MM. Pembukaan pelatihan turut dihadiri oleh pejabat struktural, widyaiswara dan panitia Bapelkes Semarang.

Ibu Kepala menyampaikan harapan dari terselenggaranya pelatihan ini, peserta mampu menjalankan perannya sebagai pelaksana teknis di bidang pelayanan keperawatan pada sarana pelayanan kesehatan, dan tugas pokoknya melaksanakan Asuhan Keperawatan pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat baik pada klien sakit ataupun sehat.

Kepala Seksi Pelatihan Fungsional, Rasa Harbakti, SKM. M.Kes menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 21 November 2020 selama 12 hari efektif dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 90 JPL. Jumlah peserta sebanyak 30 orang berasal dari pegawai lingkungan Kab Tegal Provinsi Jawa Tengah. Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional perawat ahli pertama.

Latar belakang terselenggaranya pelatihan ini dalam rangka meningkatkan profesionalisme perawat adalah dengan penetapan Jabatan Fungsional Perawat Ahliyang bertujuan agar para perawat dapat mengembangkan profesinya sebagai seorang Perawat Ahli yang terstandar Nasional, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan) RB Nomor 35 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Perawat untuk menggantikan Permenpan Nomor 25 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Perawat dan Angka Kreditnya. (ar)

Leave a Reply

6 + eleven =