Pelatihan Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) Jenjang Ahli Bapelkes Semarang Resmi Dibuka

Bapelkes Semarang menyelenggarakan Pelatihan Jabatan Fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Pelatihan Teknis dan Fungsional Kesehatan, Nusli Imansyah, SKM, M.Kes (12/10/2020).

Kepala Bidang Pengembangan Pelatihan Teknis dan Fungsional Kesehatan,
Nusli Imansyah, SKM, M.Kes

Bapak Nusli menekankan pentingnya peran promotor kesehatan pada kondisi pandemi Covid-19. Promotor kesehatan perlu melakukan beberapa tindakan antara lain: 1) Kampanye daring pesan akurat, 2) Menjelaskan informasi yang akurat dan menyetop pesan berantai yang keliru atau hoax, 3) Menggalang kerjasama antar organisasi untuk bisa merujuk pada ahli tertentu, agar dapat memberikan promosi kesehatan yang tepat dan 4) Menyampaikan pesan positif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Promotor kesehatan berperan dalam memberikan pesan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Selain itu, promosi kesehatan juga dapat memberikan advokasi kepada pemerintah agar kebijakan dan himbauan searah dengan pengendalian Covid-19.

Kepala Seksi Pelatihan Fungsional, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes

Kepala Seksi Pelatihan Fungsional, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 24 Oktober 2020 selama 12 hari efektif dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 90 JPL.

Jumlah Peserta sebanyak 30 orang berasal dari Dinas Kesehatan Kab/Kota di Jawa Tengah.Setelah selesai mengikuti pelatihan, peserta diharapkan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional Penyuluh Kesehatan Masyarakat jenjang Ahli. (ar)

Peserta Pembukaan Pelatihan Jabfung PKM Bapelkes Semarang

Leave a Reply

9 + seven =