Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Gel I Untuk Mencetak PNS Yang Berkarakter

Suasana Auditorium Kantor II Bapelkes Semarang di Salaman, Selasa (13/3) pagi dipenuhi gelora semangat peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II melalui yel – yel kebangsaan yang difasilitasi oleh Dodik Bela Negara. Latsar CPNS Golongan II Gelombang I di Bapelkes Semarang telah dibuka oleh Kepala Bapelkes Semarang, Taufik Hidayat, SKM, M.Kes pada. Pembukaan kali ini dihadiri pejabat struktural  dari masing – masing satker pengirim selaku mentor, Kapten Deng Sibeta mewakili Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro di Magelang, fasilitator, serta pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Latar belakang diselenggarakan Latsar CPNS Golongan II, untuk membentuk PNS  profesional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar profesi PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Dalam Perkalan No. 24 Tahun 2017, nomenklatur pelatihan prajabatan tersebut sebagai pelatihan dasar Calon PNS, sebagai salah satu jenis Pelatihan yang strategis pasca Undang-undang ASN dan Peraturan Pemerintah terkait Manajemen PNS dalam rangka membentuk karakter dan kemampuan PNS agar dapat bersikap dan bertindak profesional mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultur, dengan menggunakan perspektif Whole of Government atau One Government serta didasari nilai-nilai dasar PNS berdasarkan kedudukan dan peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat sebagai wujud nyata bela negara seorang PNS.

“Untuk dapat membentuk PNS yang profesional, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan,” ungkap Ketua Panitia, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes. Dalam laporannya, disebutkan peserta berjumlah 30 orang, berasal dari BBKPM Surakarta 3 orang, LPFK Surakarta 1 orang, RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta 5 orang, RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga 4 orang, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang 6 orang, RSUP Dr. Kariadi Semarang 5 orang, RSUP Dr. Sardjito 2 orang dan RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro 4 orang.

Pelatihan ini dilaksanakan pada 12 Maret – 9 Agustus 2018, selama 113 Hari Kerja atau 1141 Jam Pelatihan (JP) dengan perincian 35 hari kerja atau setara dengan 353 JP untuk pembelajaran klasikal dan 78 hari kerja atau setara dengan 788 JP untuk pembelajaran non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja.

Ruang Auditorium kembali bergemuruh ketika acara Pengucapan janji peserta Diklat oleh perwakilan Peserta. Pengucapan janji yang diikuti peserta lainnya, untuk setia pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Selepas acara Pembukaan, Rasa Harbakti, SKM, M.Kes selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha membacakan aturan tertulis yang berlaku di lembaga Diklat di Bapelkes Semarang. Aturan ini wajib ditaati oleh peserta, dan ditirukan oleh peserta Diklat.

“Dalam mengikuti diklat ini saya ingatkan bahwa semangat untuk menjadi yang terbaik jangan hanya berhenti pada diklat ini saja, namun yang lebih penting Saudara harus mengimplementasikan apa yang diperoleh selama pelatihan ini di unit kerja Saudara. Saudara  harus dapat memberikan warna dan perubahan pada instansi masing-masing, “ kata Taufik Hidayat, SKM, M.Kes dalam menyampaikan sambutan tertulis Kepala Badan PPSDM. (ar/rh)

 

Leave a Reply

8 + 7 =