Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan II Tahun 2019

Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan II di Bapelkes Semarang telah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019 di Auditorium Garuda Bapelkes Semarang di Kampus Semarang. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM. Pembukaan pelatihan ini dihadiri perwakilan Yonkav 2/Turangga Ceta Kodam IV Diponegoro, para mentor peserta pelatihan, pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Kepala Seksi Diklat Manajemen, Mujiyono S.Sos, MM menyampaikan Laporan Ketua Panitia. Waktu pelaksanaan Latsar CPNS Gol. III Angkatan 2 dimulai tanggal 24 April hingga 4 Juli 2019. Sebanyak 40 orang peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari satuan kerja Kemenkes. Jabatan peserta pelatihan meliputi dokter, perawat,  apoteker dan nutrisionis.

Seusai membuka Pelatihan, Kepala Bapelkes Semarang Emmilya Rosa, SKM, MKM berkesempatan memberikan sambutan. Latsar CPNS sebagai Pelatihan Dasar Calon PNS sebagai salah satu jenis Pelatihan yang strategis pasca UU ASN dan PP Manajemen PNS dalam rangka membentuk karakter dan kemampuan PNS agar dapat bersikap dan bertindak profesional mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultur, dengan menggunakan perspektif Whole of Government atau One Government serta didasari nilai-nilai dasar PNS berdasarkan kedudukan dan peran PNS dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada setiap pelaksanaan tugas jabatannya sebagai pelayan masyarakat sebagai wujud nyata bela negara seorang PNS.

Emmilya Rosa, SKM, MKM mengingatkan peserta diklat dalam untuk mengikuti peraturan yang berlaku di Bapelkes Semarang. “Saudara diharapkan dapat mengikuti segala ketentuan dan peraturan yang berlaku selama mengikuti Pelatihan dan berada di Bapelkes Semarang secara tertib, disiplin dan membina kerjasama antara sesama peserta serta penyelenggara. Beberapa hal yang saya perlu garisbawahi terkait peraturan bahwa dilarang merokok di lingkungan Bapelkes, stop penggunaan plastik, pemanfaatan sarana olahraga, pola hidup sehat, pemanfaatan perpustakaan. Saya menghimbau dengan adanya perubahan pembelajaran, maka peserta dituntut aktif untuk belajar mandiri, tekun, perhatikan betul terkait penilaian kelulusan, harus lulus di masing-masing komponen dengan nilai minimal 70,01. Belajar serius tapi harus gembira, “ pesan Kepala Bapelkes Semarang. (ar)

Leave a Reply

seven − 5 =