Kepala BKD Kab Semarang Buka PKP Kab Semarang – Bapelkes Semarang

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Kabupaten Semarang resmi dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kab Semarang, Partono,S.H,M.M pada Selasa (02/09/2020). PKP Kab Semarang terselenggara berkat kerjasama antara BKD Kab Semarang dengan Bapelkes Semarang. Pembukaan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Pembukaan pelatihan ini dihadiri secara on line oleh Kepala BKD Kab Semarang beserta jajaran dan Kepala Bapelkes Semarang. Selain itu tampak hadir para mentor dan peserta pelatihan, Komite Penjamin Mutu (KPM) independen, Petugas Quality Control (QC) dari Tim Pengendali Mutu internal, pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang serta panitia pelatihan.

Pembawa acara membacakan Kebijakan dan Komitmen Bapelkes Semarang dalam rangka menuju WBK-WBBM pada awal pembukaan. Selanjutnya, Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan diselenggarakan secara full online dari tanggal 01 September s.d. 12 Desember 2020 dengan jumlah peserta 40 orang. Peserta merupakan ASN Kabupaten Semarang.

Penyelenggaraan PKP Bapelkes Semarang mengacu pada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Dalam Masa Pandemi Covid-19 dari Puslat SDM Kesehatan. PKP dilaksanakan secara full online, dengan2 (dua) carakegiatan pembelajaran yaitu Syncronous Maya dan Asyncronous Maya.

Syncronous Maya, terjadi ketika peserta dan fasilitator berinteraksi pada waktu yang sama melalui Zoom Meeting. Asyncronous Maya, terjadi pada saat pemberian penugasan oleh Fasilitator. Pada cara yang kedua ini, tidak terdapat interaksi terus menerus pada waktu yang sama antara peserta dan fasilitator. Bapelkes Semarang telah menyiapkan Aplikasi LENTERA untuk Asyncronous Maya dan Zoom Meeting untuk Syncronous maya. Selain itu terbuka juga saluran komunikasi seperti menggunakan WA, Email dan lainnya.(ar)

Leave a Reply

4 × four =