Kepala Bapelkes Semarang Tutup Pelatihan Pembekalan NSI Covid-19 Akt 1-4

Pelatihan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individu di Puskesmas pada Masa Pandemi Covid – 19 Akt 1 – 4 tahun 2020 telah ditutup Kepala Bapelkes Semarang (30/07/2020). Penutupan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan turut hadir pada acara ini.

Ayu Lestari, Perwakilan Peserta Akt 1-4

Ayu Lestari, Perwakilan dari peserta memberikan kesan dan pesan selama pelatihan berlangsung. Peserta sangat terkesan dengan Pelatihan yang dilakukan dengan metode e-learning dikarenakan adanya pandemi covid-19.

Kepala Seksi Pelatihan Teknis, Siti Nurchasanah, S.SiT, MPH menyampaikan Laporan Panitia. Pelatihan telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli 2020 dengan metode E-Learning. Pelatihan Akt 1-4 sejumlah 132 orang telah selesai dilaksanakan, sedangkan Akt 5 sejumlah 30 orang masih berlangsung. Total sejumlah 162 orang dari target awal peserta 187 orang. Sebanyak 25 orang mengundurkan diri karena masih bertugas di RS Covid.

Kepala Seksi Pelatihan Teknis, Siti Nurchasanah, S.SiT, MPH

Penilaian dari peserta, penyelenggaraan secara E-Learning sehingga bahan ajar dan materi serba online. Bahan ajar telah diupload di Learning Management System Terpadu (LENTERA) sehingga memudahkan peserta untuk membacanya sebelum materi. Peserta juga menilai pelayanan panitia sangat memuaskan.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dalam sambutannya sangat mengapresiasi pelatihan secara online yang sedang berlangsung di Balai Pelatihan Nasional seluruh Indonesia. Pelatihan online yang dilaksanakan dengan tidak mengurangi kualitas dan pencapaian tujuan pembelajaran. Selain pemanfaatan video conference dengan zoom, google meeting   Bapelkes Semarang telah melakukan inovasi. Bapelkes Semarang memanfaatkan aplikasi LENTERA yang tersedia untuk menunjang proses pembelajaran.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

“Peserta yang telah dilatih selama 11 hari secara online ini nantinya akan siap untuk bekerja dengan kompetensi seperti yang diharapkan yaitu melakukan pelayanan kesehatan di Puskesmas pada masa Pandemi Covid-19. Saya berharap semua kita khususnya para tenaga kesehatan sudah harus siap memasuki era revolusi industri 4.0. Harapan kami ke depan semua pelatihan bidang kesehatan dapat  diakses oleh semua tenaga kesehatan dimana saja dan kapan saja, “pungkasnya. (ar)

Peserta Penutupan Pembekalan NSI Covid-19 Akt 1-4 Bapelkes Semarang

Leave a Reply

3 × 2 =