Kepala Badan PPSDM Kesehatan Membuka Pelatihan TKHI Embarkasi Solo Gelombang 2

Pembukaan Pelatihan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Embarkasi Solo Gelombang 2 bertempat di Auditorium Kampus Salaman, Bapelkes Semarang (4/3). Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah, pejabat struktural, widyaiswara, dan fasilitator Bapelkes Semarang. Dinkes Jawa Tengah diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Balkesmas Magelang, dr. Widhy Sulistiawati.

Pelatihan TKHI Embarkasi Solo Gelombang 2 dibuka oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), MARS (4/3). Kepala Badan PPSDM Kesehatan menyampaikan, ”Pelatihan TKHI merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan menyiapkan tenaga kesehatan yang profesional dengan semangat SHAR’I (Sigap, Handal, Amanah, Responsif, Inisiatif dan Inovatif serta bebas Narkoba) dengan menjunjung tinggi motto “Tugasku Ibadahku” dan mampu memberikan pelayanan kebutuhan akan kesehatan para Jemaah Haji selama pelaksanaan ibadah haji, sehingga Jemaah Haji dapat melaksanakan prosesi ibadahnya dengan baik dan pada akhirnya In Shaa Allah akan memperoleh haji yang mabrur.”

Dalam sambutannya, Kepala Badan PPSDM Kesehatan menyampaikan harapan – harapan kepada peserta pelatihan. Poin pertama untuk menjadi Petugas yang SHAR’I, Profesional dan amanah dalam Pembinaan, Pelayanan dan Perlindungan kepada Jemaah Haji selama di tanah air, di Arab Saudi hingga kepulangan ke Tanah Air. Yang ke-dua, petugas diharap untuk menjaga nama baik Bangsa dan Negara, yang berdasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika di tengah maraknya isu radikalisme dan juga nama baik Embarkasi SOC, serta Bapelkes Semarang.

Kepala Badan PPSDM Kesehatan memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan TKHI SOC Gel 2 di Kampus Salaman, Bapelkes Semarang (4/3)

Poin selanjutnya, disampaikan bahwa petugas TKHI dilarang membuka jam praktek selama di Arab Saudi dan jam kerja Petugas TKHI adalah 24 jam. Petugas TKHI juga diharapkan untuk taat pada peraturan Pemerintah dan tidak membuat aturan sendiri. Poin berikutnya Petugas TKHI harus menjadi team work yang kompak, harmonis dan sinergis dalam memberikan pelayanan, serta melakukan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan Petugas lain (TPHI, TPIHI, TPHD, TKHD dan PPIH). Petugas TKHI diharapkan membuat laporan pelaksanaan tugas kepada Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng dan Dinas Kesehatan Kab/Kota.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM menyampaikan laporan Ketua Panitia. Pelatihan TKHI Gelombang 2 terdiri dari angkatan 5, 6, 7 dan 8. Peserta pelatihan berjumlah 150 orang,yang terdiri dari tenaga dokter dan perawat. Peserta berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pelatihan dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 10 Maret 2020. Pembelajaran efektif selama 6 hari dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 50 JPL. (ar)

Leave a Reply

4 × 5 =