Kepala Badan PPSDM Kesehatan Buka Pelatihan NSI Darurat Bencana Covid-19 Bapelkes Semarang

Kepala Badan PPSDM, Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), MARS membuka Pelatihan Nusantara Sehat Individual (NSI) Darurat Bencana Covid-19 Bapelkes Semarang dan Bapelkes Cikarang secara online pada Kamis, 16 April 2020.

Dalam sambutannya, Kepala Badan PPSDM Kesehatan menyampaikan harapannya kepada peserta pelatihan, “Agar adik-adik dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik – baiknya dengan konsentrasi yang penuh. Setelah  mengikuti pelatihan ini, kalian akan mendapatkan pengetahuan, kompetensi, fungsi kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Sehingga dengan demikian adik-adik mempunyai modal dasar ketrampilan, kognitif, perilaku yang kira-kira nanti pada saat di lapangan dapat bertugas dengan sempurna.”

Lebih lanjut, Kepala Badan PPSDMK juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan keamanan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Diharapkan peserta dapat mempelajari dan mempraktekkan tentang penggunaan APD untuk keamanan diri sendiri dan petugas kesehatan. Sehingga di lapangan dapat bekerja dengan aman.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para penyelenggara, Kepala Pusat Pelatihan, para Kepala Bapelkes, pengendali pelatihan, narasumber dan pemateri yang bersedia meluangkan waktu melaksanakan pelatihan ini. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Pembekalan Pelatihan NSI Darurat Bencana Covid-19, dilaksanakan di Bapelkes Semarang dan Bapelkes Cikarang. Bapelkes Semarang menyelenggarakan pelatihan sebanyak 3 (tiga) angkatan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 April 2020 dengan metode E-Learning. Peserta pelatihan sejumlah 83 orang, yang berasal dari 13 provinsi. Latar belakang profesi peserta meliputi perawat, tenaga farmasi, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga gizi, ahli teknologi laboratorium medis, elektromedis, penata anastesi, psikologi klinis, dan radiografer.

Fasilitator pelatihan berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, RSUP dr. Kariadi, Poltekkes Kemenkes RI Semarang dan Widyaiswara Bapelkes Semarang. (ar)

Leave a Reply

2 × 5 =