Kepala Badan PPSDM Buka Workshop Online K3 dan Peluncuran Aplikasi Bapelkes Semarang

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi hal utama bagi pekerja perkantoran di masa pandemic Covid-19. Dalam situasi pandemi Covid-19 roda perekonomian dan kegiatan perkantoran harus tetap berjalan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan. Dengan latar belakang tersebut, Bapelkes Semarang mengadakan Workshop Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Perkantoran dalam Tatanan New Normal (18/06/2020).

Workshop dimoderatori Kepala Pusat Pelatihan SDM Kesehatan, dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS. Pelaksanaan workshop via aplikasi zoom meeting dan streaming Youtube Bapelkes Semarang. Sejumlah 890 orang mengikuti via zoom dan 300 via Youtube. Peserta berasal dari UPT Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Bapelkes dan Dinas Kesehatan Provinsi, Puskesmas serta instansi swasta.

Workshop dibuka oleh Kepala Badan PPSDM Kemenkes RI, Prof. Dr. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS, sekaligus meluncurkan 2 (dua) Aplikasi Bapelkes Semarang. Aplikasi baru SATU RUANG (Sistem Aplikasi Terpadu Ruang Asrama Bapelkes Semarang) dan Learning Management System Terpadu (LENTERA).

Kepala Badan PPSDM Kesehatan berkenan menyampaikan sambutan pada pada workshop ini. Kementerian Kesehatan RI telah menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. “Sosialisasi yang intensif dan masif akan sangat membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di tempat kerja dan lingkungannya “ harapnya.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Kirana Pritasari, MQIH menjadi Keynote Speaker pada workshop ini. Materi Kebijakan Umum New Normal di Kementerian Kesehatan RI disampaikan kepada peserta workshop. “Pandemi ini berdampak terhadap kesehatan dan sosial ekonomi kemasyarakatan kita. Kita harus mengantisipasinya. Yang harus kita lakukan adalah memutus rantai penularan Covid-19 dengan menerapkan Protokol Kesehatan ,” ungkapnya.

Laporan Ketua Panitia disampaikan Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM. Kepala Bapelkes Semarang menyampaikan pentingnya pelaksanaan workshop ini dan peluncuran dua aplikasi inovasi Bapelkes Semarang.


Sesi workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh dua narasumber. Direktur Kesehatan Kerja dan Olah Raga Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes menyampaikan materi Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri. Menghentikan penyebaran dan menyelamatkan nyawa merupakan kunci dalam masa pandemi ini.

Narasumber berikutnya, Kepala Balai Keselamatan Disnaketrans Provinsi Jawa Tengah, Mumpuniati, SH, MH menyampaikan materi Teknis Lapangan Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Tatanan Normal Baru di Perkantoran.

Selanjutnya, moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk tanya jawab dengan narasumber. Workshop ditutup dengan tayangan video Kontemplasi Bapelkes Semarang “Bangkit Bersatu, Jaga Diri dari Corona”. (ar)

Leave a Reply

eighteen − four =