Kapuslat SDMK Tutup Pelatihan Vaksinator COVID-19 Gel 1 Prov Jawa Tengah dan Jawa Timur Tahun 2021

Kepala Puslat SDMK, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes menutup Pelatihan Vaksinator Covid-19 Gelombang 1 Prov Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) Tahun 2021 pada Kamis, 6 Januari 2021. Kapuslat SDMK berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk melaksanakan tiga peran tenaga kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Peran pertama, tenaga kesehatan untuk menjadi role model bagi masyarakat untuk divaksin. Peran yang ke-dua, memberikan informasi yang benar kepada masyarakat terkait vaksinasi Covid-19. Sedangkan peran terakhir, sebagai petugas vaksinator Covid-19.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan bahwa pelatihan yang telah berlangsung dari tanggal 31 Desember 2020 s/d 6 Januari 2021 berjalan cukup lancar.

Pembelajaran secara full online diawali dengan penjelasan materi dasar, materi inti dan materi penunjang, serta diakhiri dengan seminar hasil praktik mandiri membuat video simulasi pelaksanaan pemberian vaksin.

Narasumber dan fasilitator pelatihan berasal dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemkes RI, KOMNAS dan KOMDA KIPI, Dinkes Prov Jateng dan DIY, DKK/Kota di Wilayah Prov Jateng dan DIY serta widyaiswara Bapelkes Semarang.

Target pelatihan Gelombang 1 adalah 520 peserta terdiri dari peserta dari Prov Jateng sebanyak 120 orang dan Jatim sebanyak 400 orang. Peserta berasal dari instansi Puskesmas dan Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta. Sampai dengan penutupan jumlah peserta yang hadir sebanyak 480 orang, terdiri dari Jateng 80 orang dan Jatim 405 orang.

Perwakilan peserta, Puspo Yulianto dari Puskesmas Plumpang Tuban pada penutupan ini memberikan kesan pesan peserta pelatihan. (ar)

#bapelkessemarang @dinkesjatim @dinkesjateng_prov @puslatsdmkesehatan @badanppsdmkes @kemenkes_ri

Leave a Reply

eight + ten =