Kapuslat SDM Kesehatan Tutup Workshop HDP Angkatan 4

Workshop Hospital Disaster Plan (HDP) Angkatan 4 berakhir hari Rabu (03/06/2020). Pelaksanaan workshop selama 4 (empat) minggu, dimulai pada tanggal 12 Mei 2020. Serial Workshop HDP meliputi Workshop Aktivasi HDP berbasis Incident Command System (ICS), Workshop Komunikasi dalam ICS, Workshop Logistik dalam ICS dan Simulasi Manajemen Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit (RS).

Pertemuan terakhir diisi dengan sesi Simulasi Workshop Online ICS dalam HDP, dimoderatori Madelina Ariani, SKM, MPH. Turut hadir narasumber Workshop HDP,  dr. Hendro Wartatmo, Sp.BD(K)BD, dr. Bella Donna, M.Kes, Gde Yulian Yogadhita, M.Epid dan Sri Purwaningsih, S.Kep.Ners . Moderator memberikan soal kasus kepada peserta untuk didiskusikan. Setiap soal yang diberikan, perwakilan peserta membahasnya. Selanjutnya, narasumber bergantian memberikan tanggapan atas jawaban peserta.

Kepala Pusat Pelatihan (Kapuslat) SDM Kesehatan, dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS menutup workshop ini. Kapuslat menyampaikan bahwa selama  vaksin covid-19  belum ditemukan, setiap daerah mempunyai potensi untuk terjadinya wabah dan lonjakan kasus seperti yang terjadi  di Surabaya, Jawa Timur. “Tiba-tiba di Surabaya, karena lonjakan kasus yang sangat meningkat, akhirnya satu RS menyatakan bahwa sudah tidak mampu lagi menampung pasien, “jelasnya.

Kepala Pusat Pelatihan (Kapuslat) SDM Kesehatan, dr. Achmad Soebagjo Tancarino, MARS

Pada kesempatan yang sama, Kapuslat memberikan motivasi kepada seluruh peserta. ”Bapak/Ibu yang berada di RS di seluruh Indonesia seharusnya selalu siaga, waspada apabila daerahnya terjadi lonjakan – lonjakan kasus. Harus berkoordinasi dengan Dinkes dan Satgas Gugus Tugas Kab/Kota. Saya berharap pelatihan ini dapat diselenggarakan dengan baik dan menambah pengetahuan, strategi-strategi apabila di daerah Bapak/Ibu terjadi lonjakan kasus tersebut, “harapnya. (ar)

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM
Peserta berfoto virtual bersama dengan Kapuslat, Kepala Bapelkes Semarang, narasumber, fasilitator dan panitia.

2 Comments

  1. Edward Eddy 18 Juni 2020 Balas

Leave a Reply

19 + ten =