Kapuslat SDM Kesehatan Buka Pelatihan Vaksinator Covid-19 Jateng

Kepala Puslat SDM Kesehatan, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes telah membuka Pelatihan Vaksinator Covid-19 Jawa Tengah (05/10/2020). Pembukaan pelatihan dilaksanakan secara virtual. Pelatihan diselenggarakan Bapelkes Semarang dengan metode pembelajaran jarak jauh, pada tanggal 5 – 8 Oktober 2020.

Kepala Puslat SDM Kesehatan, Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes

Latar belakang terselenggaranya pelatihan ini untuk memutus mata rantai penularan covid19. Sebelumnya pemerintah telah melaksanakan sosialisasi pencegahan dengan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Menjaga jarak minimal 1 – 2 meter). Selain sosialisasi, diperlukan upaya pemberian imunisasi. Imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

Petugas kesehatan yang akan melakukan imunisasi Covid-19 diharapkan dapat melakukan kegiatan pelayanan imunisasi Covid-19 yang berkualitas dan dapat mencapai target cakupan yang diharapkan. Peserta diharapkan mampu melaksanakan pelayanan vaksinasi Covid-19 setelah mengikuti pelatihan ini.

Target peserta pelatihan sebanyak 200 orang, yang berasal dari tenaga kesehatan di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Peserta merupakan tenaga kesehatan (dokter, bidan/perawat) di 38 Puskesmas Kecamatan, pengelola program imunisasi di 35 Dinas Kesehatan Kota (DKK), tenaga kesehatan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) dan Pemegang Program Imunisasi Dinkes Prov Jateng.

Rencana pelatihan ini akan diselenggarakan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jawa Tengah sebanyak 7 angkatan dengan target 879 Puskesmas yang dilatih. Sedangkan Jawa Timur sebanyak 7 angkatan dengan target 986 Puskesmas. Pelatihan selama 4 hari, dimulai awal Oktober hingga akhir November 2020. (ar)

Leave a Reply

1 × 5 =