Kapuslat SDM Buka Pelatihan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Puskesmas pada Masa Pandemi Covid-19

Bapelkes Semarang menyelenggarakan Pelatihan Pembekalan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual di Puskesmas pada Masa Pandemi Covid-19 sebanyak 5 (lima) angkatan. Pelatihan Pembekalan NSI Covid 19 dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan SDMK (Kapusdiklat) BPPSDMK, dr. Achmad Subagjo Tancarino, MARS. Pembukaan dilaksanakan secara online melalui zoom meeting dan disiarkan secara live di Youtube Bapelkes Semarang pada Rabu, 15 Juli 2020. Pembukaan dihadiri secara online oleh Kapusdiklat SDMK, Kapusrengun SDMK, Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro beserta jajaran, pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang.

Pembawa Acara membacakan Kebijakan dan Komitmen Bapelkes Semarang

Pembukaan diawali dengan pembacaan Kebijakan dan Komitmen Bapelkes Semarang dalam rangka menuju WBK-WBBM oleh pembawa acara. Poin Pertama, tidak menerima gratifikasi dan apapun bentuk pemberian di luar ketentuan hukum yang ada, maka akan dilaporkan ke KPK sesuai ketentuan/prosedur yang berlaku, oleh Tim UPG Bapelkes Semarang. Poin Ke-dua, apabila diketahui ada kegiatan terindikasi sebagai tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme di lingkungan Bapelkes Semarang, untuk dilaporkan melalui WBS Semarang. Poin Ke-tiga, apabila ada ketidakpuasan, keluhan dan permasalahan dengan pelayanan dari Bapelkes Semarang, dapat diadukan ke Dumas Bapelkes Semarang.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan dilaksanakan secara Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh) menggunakan dua metode. Metode pertama, Sinkron Maya (Tatap Maya/Virtual Synchronous) melalui aplikasi zoom meeting dan Asinkron Kolaboratif (Collaborative Asynchronous) melalui Aplikasi LENTERA.

Jadwal pelatihan untuk Angkatan I s.d IV dimulai pada tanggal 15 s.d 30 Juli 2020, sedangkan Angkatan V dimulai pada tanggal 21 Juli s.d 3 Agustus 2020. Pembelajaran dilaksanakan selama 11 hari efektif dengan 75 JPL. Peserta diharapkan mampu melaksanakan pelayanan kesehatan di Puskesmas sesuai dengan kompetensi dan kewenangan yang dimiliki dengan menjunjung etika profesi pada masa pandemi Covid-19.

Peserta pelatihan sejumlah 162 orang dengan latar belakang jabatan meliputi Dokter, Dokter Gigi, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Perawat, Farmasi, Gizi, Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat. Peserta Angkatan I, II dan III akan ditempatkan di Provinsi Sulawesi Selatan. Penempatan peserta Angkatan IV di provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Sumatera Utara. Sedangkan peserta Angkatan V akan ditempatkan di provinsi Sumatera Utara.

Kapuslat SDMK Dr. Achmad Subagjo Tancarino, MARS

Kapuslat SDMK Dr. Achmad Subagjo Tancarino, MARS berkenan memberikan sambutan. Ketersediaan tenaga kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor pendukung dalam rangka percepatan derajat kesehatan masyarakat yang baik, sebagai salah satu tujuan pembangunan kesehatan serta dalam upaya mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Situasi di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan Terluar (DTPK) sangat berbeda dengan daerah lainnya. Ketersediaan tenaga kesehatan dan sarana prasarana merupakan masalah utama yang terjadi di lapangan.

Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam Mendukung Program Nusantara Sehat merupakan pendayagunaan secara khusus tenaga kesehatan dalam kurun waktu tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas dengan kriteria terpencil atau sangat terpencil terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK). “Karena situasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19, maka model pelatihannya juga dilakukan secara khusus, yaitu dengan metode pembelajaran Distance Learning (Pembelajaran Jarak jauh). Semoga dapat membekali peserta dalam mengikuti program ini,” pungkas Kapuslat. (ar)

Peserta Pembukaan Pelatihan Pembekalan NSI Angkatan 1 – 5 Bapelkes Semarang
Video Pembukaan NSI Covid Akt 1- 5 di Youtube Bapelkes Semarang

Leave a Reply

7 − 1 =