Kapusdiklat Pegawai Kemendikbud Buka Latsar CPNS Gol III Akt 4 dan 5 Bapelkes Semarang

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gol III Akt 4 dan 5 resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kapusdiklat Pegawai Kemendikbud), Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos, M.Hum pada Senin (6/7/2020). Latsar CPNS terselenggara berkat kerjasama antara Bapelkes Semarang dengan Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. Pembukaan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan secara live melalui Youtube Bapelkes Semarang.

Pembawa Acara, Khoerunikmah, SIP

Pembukaan pelatihan ini dihadiri secara on line oleh Rektor UNNES, Direktur Polines, Direktur Polimarin dan Komandan Dodik Bela Negara Rindam IV Diponegoro beserta jajaran. Selain itu tampak hadir para mentor peserta pelatihan, Komite Penjamin Mutu (KPM) independen, Petugas Quality Control (QC) dari tim Pengendali Mutu internal, pejabat struktural dan widyaiswara Bapelkes Semarang serta panitia pelatihan.

Pembacaan Kebijakan dan Komitmen Bapelkes Semarang dalam rangka menuju WBK-WBBM

Pembawa acara membacakan Kebijakan dan Komitmen Bapelkes Semarang dalam rangka menuju WBK-WBBM pada awal pembukaan. Pertama, tidak menerima gratifikasi dan apapun bentuk pemberian di luar ketentuan hukum yang ada, maka akan dilaporkan ke KPK sesuai ketentuan/prosedur yang berlaku, oleh Tim UPG Bapelkes Semarang. Ke-dua, apabila diketahui ada kegiatan terindikasi sebagai tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme di lingkungan Bapelkes Semarang, untuk dilaporkan melalui WBS Semarang. Ke-tiga, apabila ada ketidakpuasan, keluhan dan permasalahan dengan pelayanan dari Bapelkes Semarang, dapat diadukan ke Dumas Bapelkes Semarang.

Peserta Latsar CPNS selanjutnya mendapatkan motivasi melalui pemutaran Video Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kepala Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos, M.Hum turut memberikan sambutan pada pembukaan. Pada akhir sambutan, disampaikan harapan Kapusdiklat kepada para peserta Latsar. “Saya harap peserta diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan kinerja Kemendikbud. Secara khusus di satuan kerja, diharapkan mampu meringankan beban dan tugas Perguruan Tinggi (PT) yang menjadi kewajiban dalam melaksanakan Tri Dharma PT. Sehingga peserta diharapkan memiliki kemampuan adaptasi sosial lingkungan yang cepat, menjunjung tinggi idealisme dan bekerja keras sesuai kemampuan dan kompetensi yang dimiliki,“ pungkasnya.

Kepala Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, Amurwani Dwi Lestariningsih, S.Sos, M.Hum

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan dilaksanakan secara distance learning/ Pembelajaran Jarak Jauh, sehubungan dengan adanya pandemi covid 19. Perijinan pelatihan telah dikoordinasikan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

Rangkaian proses pembelajaran dalam satu materi disusun dengan variasi pemanfaatan Teknologi Informasi seperti penugasan membaca modul materi, group chat, mengunggah tugas mandiri serta learning journal. Sedangkan tatap muka secara virtual untuk penyampaian dan pengayaan materi oleh fasilitator kepada peserta dilakukan melalui aplikasi LENTERA (Learning Management System Terpadu) dan Zoom Meeting.

Waktu pelaksanaan Latsar CPNS Gol III Akt 4 dimulai pada tanggal 6 Juli hingga 14 September 2020 dengan peserta sejumlah 44 orang. Sedangkan  Akt 5 dimulai pada tanggal 6 Juli hingga 18 September 2020 dengan peserta sebanyak 45 orang. Peserta merupakan CPNS di Lingkungan Kemendikbud. Peserta merupakan tenaga pendidik yang berasal dari UNNES, Polines dan Polimarin.

Kepala Bapelkes Semarang berpesan kepada semua pihak untuk memutus mata rantai penularan covid19. “Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Semoga pandemi covid19 ini segera berakhir.” pesannya.(ar)

Pembacaan doa oleh Bp. Rinanto
Para Peserta Pembukaan Latsar CPNS Gol III Akt 4 dan 5

Leave a Reply

3 × one =