Capacity Building Bapelkes Semarang : “Bersama Kita Bisa ….”

Keluarga Besar Bapelkes Semarang mengadakan capacity building di Cirebon tanggal 14 – 16 April 2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Bapelkes Semarang. Peningkatan Kemampuan SDM dalam Rangka Sustainability Implementasi Reformasi Birokrasi Dan Revolusi Mental Untuk Meningkatkan Pelayanan Prima Di Lingkungan Bapelkes Semarang Dan Penyusunan Roadmap Bapelkes Semarang Tahun 2020- 2024.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Capacity Building tahun sebelumnya, dengan menggandeng narasumber dari Pusat Analisis Determinan Kesehatan (PADK).  Harapannya semua karyawan mempunyai niat berkontribusi untuk perubahan Bapelkes Semarang.  Pertama, mengubah pola pikir mindset, dari birokrasi priyayi menjadi birokrasi melayani. Kedua, merubah budaya kerja lambat menjadi cepat. Ketiga, birokrasi pemerintah harus ditata ukuran supaya tepat ukuran dan fungsi. “Kita Bapelkes Semarang harus selangkah lebih maju dan inovatif. Kita tidak mau hanya berada di zona nyaman saja. Kita harus mempunyai komitmen bersama untuk perubahan. Semuanya harus ikut berkontribusi. Slogan kita, Bapelkes Semarang, Bersama Kita Bisa, “ pesan Kepala Bapelkes Semarang ini.

Pada kegiatan ini, Kepala Pusat PADK, Pretty Multihartina, Ph.D memberikan arahan terkait Arah Kebijakan Kesehatan Tahun 2020 – 2024. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan materi Evaluasi Impelementasi RB dan Revolusi Mental oleh dr. Leny Evanita, MM selaku Kepala Bidang Analisis Perilaku dan Kesehatan Intelegensia PADK. Dalam kegiatan internalisasi,  dipandu oleh fasilitator dari PADK. Diharapkan seluruh karyawan Bapelkes Semarang dapat memahami dan memberikan service excellent bagi stakeholder.

Penyususnan roadmap Bapelkes Semarang 2020 – 2024 juga dilakukan untuk menyongsong perubahan, serta mempersiapkan Bapelkes Semarang menjadi lembaga diklat yang unggul. Masing-masing bagian juga unjuk diri dengan pentas seni, menambah keakraban keluarga Bapelkes Semarang. Kegiatan ditutup dengan city tour ke Cirebon. (ar)

Leave a Reply

eighteen − 15 =