Bapelkes Semarang Uji Coba Seminar Latsar CPNS Secara Online

Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang melakukan uji coba Seminar Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan 1 secara online pada Kamis, 14 Mei 2020. Ujicoba seminar online menggunakan aplikasi cloud meeting zoom.  Latsar Golongan III Angkatan 1 merupakan kerjasama antara Bapelkes Semarang dengan Kemendikbud. Peserta berjumlah 45 orang, yang berasal dari Universitas Tidar dan POLIMARIN. Mayoritas peserta merupakan tenaga dosen.

Tampilan Uji Coba Seminar Latsar Online

Uji coba dilaksanakan sebanyak 2 (dua ) kali, zoom kelas besar dan kelas kecil. Zoom kelas besar dilaksanakan dengan tujuan persamaan persepsi dan penjelasan teknis seminar. Ujicoba seminar dihadiri oleh Kepala, Bapelkes Semarang, para mentor, coach, penguji, peserta dan panitia Seksi Diklat Manajemen.

Sambutan Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM dalam sambutannya menjelaskan bahwa uji coba ini dilakukan untuk persiapan seminar pada tanggal 18 Mei 2020. “Ujiannya sama dengan pola klasikal. Dikarenakan pandemi covid-19 belum berakhir, dan Work from Home (WFH) diperpanjang, kita coba melaksanakan pelatihan sesuai dengan protokol. Proses pelaksanaan dilakukan dengan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh dengan e-learning.”

Lebih lanjut, Kepala Bapelkes Semarang menyampaikan latar belakang pelaksanaan secara online, “Tidak memungkinkan peserta datang ke lokasi pelatihan, karena akan membahayakan peserta. Karena kondisi saat ini, penularan sudah masuk dalam proses community transmission. Terkait hal tersebut, sebagai lembaga pelatihan harus melakukan langkah-langkah tindak lanjut,” terangnya. Dalam akhir sambutannya, disampaikan harapan kepada para mentor, untuk memberi dukungan kepada peserta.

MOT Latsar Golongan III Akt 1, Murcita, S.Pd, M.Kes

Selanjutnya, Murcita S.Pd, M.Kes sebagai Master of Training (MOT) memberikan penjelasan singkat mengenai pelaksanaan seminar online dan kriteria penilaiannya. Penilaian aktualisasi berdasarkan 3 (tiga) aspek. Pertama, aspek kualitas pelaksanaan kegiatan, apakah kegiatan yang dilaksanakan secara keseluruhan dapat dilaksanakan peserta. Ke-dua, aspek kualitas aktualisasi, bagaimana mengembangkan kegiatan dengan nilai-nilainya. Yang ke-tiga, aspek teknik komunikasi, kemampuan peserta dalam presentasi dan menjawab pelaksanaan aktualisasi.

Peserta Pelatihan Latsar Gol III Akt 1

Peserta ujian selanjutnya dibagi dalam 4 (empat) kelas kecil, didampingi para mentor, coach dan penguji. Peserta melakukan uji coba seminar, meliputi suara, tampilan video dan share screen. Panitia juga memberikan sesi tanya jawab terkait uji coba tersebut. Diharapkan dengan adanya uji coba kali ini, pelaksanaan Seminar Aktualisasi tanggal 18 Mei 2020 berjalan dengan lancar. (ar)

Leave a Reply

three × 3 =