Bapelkes Semarang Selenggarakan Sosialisasi Internal Pembentukan Satuan Kepatuhan Intern (SKI)

Bapelkes Semarang menyelenggarakan Sosialisasi Internal Pembentukan Satuan Kepatuhan Intern (SKI) pada Selasa (02/06/2020). Seluruh pegawai Bapelkes mengikuti pertemuan melalui video conference dengan aplikasi zoom meeting. Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2019 tentang Tata Kelola Pengawasan Intern di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan sambutan pada awal pertemuan. “Kami mohon bimbingan, semoga SKI dapat berjalan di Bapelkes Semarang,” harapnya.

Inspektur IV Inspektorat Jenderal Kemenkes RI, Albertus Yudha Poerwadi, SE, M.Si, CA, CPMA menjadi narasumber pada pertemuan ini. Narasumber menyampaikan materi Peran SKI dalam Mengawal Tata Kelola Kemenkes yang Baik dan Bersih. SKI adalah perangkat pada satuan kerja yang ditunjuk/ memiliki tugas untuk membantu Kepala Satker dalam melaksanakan pemantauan tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern.“SKI mirip SPI tetapi tidak terstruktur, hanya di SK kan oleh pimpinan instansi,” jelasnya.

Pembahasan narasumber mengenai Ketentuan Pembentukan SKI, Pemantauan Tata Kelola Organisasi, Pemantauan Manajemen Risiko serta Pemantauan dan Evaluasi Pengendalian Intern.

Pertemuan ditutup dengan sesi tanya jawab peserta dan narasumber. (ar)

Leave a Reply

one × four =