Bapelkes Semarang Kembali Lakukan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Kabupaten Demak

Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang kembali melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada Jumat, 29 Maret 2019. Sosialisasi GERMAS kali ini bertempat di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Acara ini dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi IX, Sekertaris Badan PPSDM Kesehatan, Kepala Bapelkes Semarang, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Demak dan ratusan orang dari perwakilan unsur masyarakat di Kecamatan Wonosalam, Kab. Demak.

Kabid. Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Kab. Demak mengawali acara dengan memberikan sambutan. dr. Anggoro Karya Adisarsono mengungkapkan bahwa Dinkes Kab. Demak melalui Puskesmas telah bergerak mengajak masyarakat Demak untuk mengenal dan melaksanakan GERMAS. Bagi masyarakat Demak selain melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur setiap hari, dan cek kesehatan secara rutin, juga melakukan pencegahan terjadinya stunting. Hal ini dikarenakan Demak termasuk kabupaten dengan angka stunting yang tinggi di Indonesia.

dr. Trisa Wahjuni Putri, M.Kes selaku Sekretaris Badan PPSDM Kesehatan Kemenkes RI menjelaskan tentang pentingnya GERMAS dan kesehatan. “Karena tanpa kesehatan, apapun yang dimiliki menjadi tidak bermakna. 3 (tiga) kegiatan utama GERMAS yaitu aktifitas fisik 30 menit per hari, makan buah dan sayur setiap hari, dan cek fisik secara berkala dapat dilakukan di Puskesmas,“ pesan Sesbadan PPSDM Kemenkes ini.

Kepala Bapelkes Semarang, Emmilya Rosa, SKM, MKM menyampaikan tentang perubahan pola penyakit yang terjadi di Indonesia yaitu dari penyakit menular ke penyakit tidak menular serta faktor-faktor yang menyebabkan perubahan terjadi. Sehingga GERMAS perlu dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan Ir. Ali Mahir, MM selaku anggota DPR RI Komisi IX memberi kuis kepada peserta sosialisasi. Bagi yang peserta yang mempu menjawab pertanyaan dengan benar, mendapat hadiah berupa botol air minum (tumbler) yang juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik di bumi. Pada acara sosialisasi ini juga terdapat sesi makan buah bersama dan senam peregangan. Di akhir acara dilakukan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari, oleh narasumber serta perwakilan masyarakat. (ar)

Leave a Reply

17 + four =