SENAM AEROBIK DI PESAWAT

Bagi Anda yang sering bepergian jauh dengan pesawat terbang kelas ekonomi, hati-hati dengan Deep Vein Thrombosis (DVT). Tempat duduk pesawat kelas ekonomi tidak memungkinkan untuk diubah-ubah disesuaikan dengan keinginan kita, sehingga penyakit ini juga disebut sebagai syndrome economy class. Berjam-jam di pesawat dengan posisi tungkai yang selalu ditekuk ditambah kondisi kabin pesawat memungkinkan DVT terjadi.

DVT muncul dalam 24 jam pertama setelah take off. Gejala DVT berupa rasa nyeri pada tungkai, nyeri tekan ataupun pembengkakan di daerah betis. DVT Dapat pula asimptomtik atau tanpa bergejala, namun tiba-tiba satu minggu setelah landing terasa ada nyeri dada, sesak nafas, denyut jantung meningkat dan tidak beraturan yang artinya darah yang menyumbat (thrombosis) pada tungkai telah lepas dan menyumbat di pembuluh darah jantung (emboli). Kondisi emboli inilah yang dapat menyebabkan kematian.

Apakah DVT dapat dicegah ? DVT dapat dengan mudah kita cegah dengan melakukan senam aerobic di pesawat yang dilakukan setiap 1,5 – 2 jam sekali. Senam cukup dilakukan di tempat duduk dengan gerakan yang sederhana.

Berikut gerakan senam aerobic di pesawat untuk mencegah terjadinya DVT :

Posisi duduk di kursi masing-masing dengan rileks, kedua tangan diletakkan di atas paha masing-masing.

1

  1. Pergelangan kaki : kaki menapak di lantai pesawat.angkat jari-jari kaki dari lantai (tumit masih menumpu di lantai), tahan selama 4 hitungan, kembalikan ke posisi awal, kemudian angkat tumit (jari-jari kaki menumpu di lantai) dan tahan selama 4 hitungan, dan kembali ke posisi awal. Gerakan diulang 3 kali.
  2. Lutut :Angkat kaki kurang lebih 10 cm dari lantai, kedua tungkai bawah melukis lingkaran ke arah luar selama 15 detik dan kearah dalam selama 15 detik. 2
  3. Persendian Panggul dan otot paha ; angkat tungkai bawah kurang lebih 15 cm dari permukaan lantai, dan ditahan selama 4 detik. Dan lakukan sebanyak 20 kali ntuk masing-masing tungkai.
  4. Leher : bahu rileks, gelengkan kepala mendekati bahu kanan, kemudian putar kepala searah jarum jam sebanyak 4 kali putaran. Gelengkan kepala mendekati bahu kiri dan putar kepala berlawanan jarum jam sebanyak 4 kali.  3
  5. Persendian Bahu : Putar sendi bahu kanan dan kiri secara bersamaan, kedepan 4 kali dan kebelakang 4 kali. (modifikasi Garuda Magazine)

Bagaimana, mudah bukan? Lakukan jika Anda melakukan perjalanan jauh dengan pesawat ekonomi. Selamat mencoba! (Penulis : Wulandari)

Leave a Reply

2 × 4 =