Pijat Praktis untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak di Era Pandemi Covid 19

Oleh : Agustina Catur S_ Widyaiswara Bapelkes Semarang

Musim Pandemi Covid 19 ini mengharuskan kita meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dengan gizi seimbang. Sayangnya,  pemenuhan gizi seimbang ini sering sekali terkendala oleh tidak adanya / berkurangnya nafsu makan, terutama balita. Biasanya anak yang sudah berusia di atas  1 tahun akan mulai pilih-pilih makanan dan menolak makanan yang diberikan kepadanya apabila tidak sesuai dengan kemauannya. Penolakan terkadang berlanjut pada pemaksaan oleh orang tua agar anaknya tetap makan. Hal ini justru akan semakin menurunkan nafsu makan anak.

Orang tua hendaknya berusaha untuk meningkatkan nafsu makan anak. Salah satu cara non farmakologi untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah melalui pijat/ sentuhan. Pijat ini sangat baik dilakukan oleh orang tua anak itu sendiri, karena selain mendapatkan manfaat fisik dari pijat, juga mampu meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Pijat dapat memperlancar peredaran darah pada limpa dan pencernaan, melalui modifikasi dari titik akupuntur tanpa jarum, teknik ini menggunakan teknik penekanan pada titik meridian garis aliran energi relatif lebih mudah. Beberapa studi telah membuktikan manfaat pijat dalam meningkatkan nafsu makan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sewaktu memijat:

  1. Pastikan kondisi anak sehat, dan gembira
  2. Pastikan kondisi ruangan nyaman
  3. Tangan orang tua harus dalam keadaan bersih, kuku tidak panjang
  4. Siapkan minyak untuk pemijatan. Sangat dianjurkan apabila menggunakan minyak berbahan nabati

Teknik pijat praktis yang dapat dilakukan oleh orang tua di rumah

1. Lakukan elusan/ gosok dengan lembut  pada pinggir ( perbatasan warna kulit terang dan gelap) jempol/ ibu jari anak dari ujung jempol ke pangkal. Hal ini untuk memperkuat pencernaan dan limpa.
2. Lakukan elusan secara melingkar pada pangkal ibu jari yang berdaging tebal dengan arah menuju kelingking. Ini bermanfaat untuk menstimulasi sistem pencernaan
3. Gosok secara melingkar telapak tangan kurang lebih 2/3 lingkaran ke arah kelingking. Ini bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah
4. Tekan secara lembut dan pelan ruas bawah dari jari telunjuk , jari tengah , jari manis dan kelingking secara pelan- pelan.  Ini mencegah stagnasi (kemacetan) di meridian dan menghilangkan akumulasi makanan
5. Tekan melingkar titik di bawah lutut bagian luar, sekitar 4 lebar jarianak di bawah tempurung lututnya, kemudian ambil lebar 1 jarianak dari tulang kering/kaki yg ditengah ke arah betis luar. tekan dan pijat melingkar.   ini akan harmoniskan usus, lambung, dan pencernaan. (baik saat untuk diare, konstipasi, nggak nafsu makan, baik untuk meningkatkan stamina dan immune system)
6. Pijat secara umum punggung anak. Lalu elustanpa menekan pada  tulang punggungnya dari atas ke bawah 3x.   Lalu cubit kulit di kiri dan kanan tulang ekor dan merambat ke atas hingga leher 3-5x.   ini memperkuat konstitusi tubuh anak, mendukung aliran chi sehat dan memperbaiki nafsu makan anak.
7. Elus secara melingkar , dengan bagian tengah telapak tangan anda, area tepat di atas pusarnya, searah jarum jam. Ini juga menstimulasi pencernaan agar lebih lancar. 
8. Dengan kedua ibu/ telapak tangan jari elus secara berlawanan arah garis di bawah rusuk menuju perut samping. ini memperkuat fungsi limpa dan lambung, juga perbaiki pencernaan.

Dari 8 langkah tersebut, ada gerakan pijat di daerah perut ( no 7 dan 8 ) tekniknya harus dilakukan dengan tepat dikarenakan perut adalah daerah yang banyak organ vital. Pengalaman penulis untuk langkah 1-6 sudah sangat membantu dalam meningkatkan nafsu makan anak.

Semangat mencoba. Berikan terapi terbaik untuk buah hati anda dan therapist terbaik untuk anak adalah orang tua. Salam Sehat

Leave a Reply

4 × 2 =

Open chat