Pijat Bayi untuk Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Setelah memasuki usia 6 bulan, bayi akan mendapatkan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI ini sering membuat bayi mengalami konstipasi atau sembelit. Konstipasi merupakan defekasi yang kurang dari 3 kali per minggu dengan konsistensi yang padat.  Meskipun konstipasi ini wajar terjadi, jika tidak tertangani akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi sehingga bayi sering  rewel dan susah makan.

Beberapa tips mencegah dan mengatasi konstipasi antara lain:

1. Perbanyak asupan cairan

Salah satu penyebab bayi mengalami sembelit adalah karena kurang cairan. Berikan minum hangat untuk bayi lebih banyak daripada biasanya.

2. Membuat bayi bergerak/ beraktivitas

Membuat bayi bergerak akan merangsang buang air besar pada bayi. Biarkan bayi beraktivitas lebih banyak. Apabila bayi belum bisa merangkak, aktivitas bisa dilakukan dengan memfasilitasi baby gym.

3. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat dipercaya membuat kekakuan pada otot perut menjadi berkurang dan memberikan kenyamanan pada bayi.

4. Memijat perut bayi dengan lembut

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memijat perut dengan lembut  dapat mengatasi gangguan konstipasi pada bayi. Pijatan dapat menstimulasi sirkulasi darah diarea pemijatan sehingga sistem pencernaan menjadi lancar . selain itu pemijatan secara lembut akan membuat bayi relask sehingga bayi merasa nyaman dan tidak rewel.

Alat yang perlu dipersiapkan sebelum pemijatan adalah:

  • Alas pijat
  • Minyak pijat ( gunakan minyak yang cocok untuk Si Bayi, utamakan yang mudah menyerap)

Langkah- Langkah Pemijatan yaitu:

a. Meminta ijin kepada bayi

b. Membaca doa

c. Melepaskan baju bayi

d. Mengolesi perut bayi dengan minyak

e. Memijat bayi seperti huruf  “n”

f. Memijat lembut dengan gerakan searah jarum jam

g. Memijat dengan Gerakan ILU

h. Memijat ke arah bawah

  1. Gerakan Menekuk kaki
  2. Gerakan mengayuh sepeda

Untuk lebih jelasnya dapat disaksikan video berikut ini:

Masing- masing gerakan dilakukan dengan hitungan 5 – 7 kali, kalau sudah selesai sampai ke gerakan mengayuh sepeda bisa diulang sampai 3 kali.

Catatan : untuk bayi yang sedang diare, sebaiknya tidak dilakukan pemijatan perut.

Sumber bacaan :

Bennett,  Cathy,  Angela  Underdown,  and  Jane  Barlow.  2013. “Massage for Promoting Mental and Physical  Health  in  Typically  Developing  Infants  under  the  Age   of   Six   Months.”  Cochrane  Database  of Systematic Reviews  2013(4).

Leave a Reply

one × 1 =

Open chat