Daun Sirsak untuk Kolesterol

daun sirsak

Daun sirsak (Annona muricata Linn) memiliki khasiat terhadap kesehatan, bukan hanya buahnya tapi daunnya pun memiliki khasiat yang bahkan lebih banyak daripada buahnya. Khasiat tersebut tidak terlepas dari kandungan senyawa seperti kumarin, flavonoid, saponin, tannin, alkaloid dan triterpenoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan yaitu suatu zat penyapu radikal bebas yang lipofilik. Antioksidan ini berperan sebagai pelindung terhadap peroksidasi lemak di dalam membran.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Wurdianing, Indrawati (2013) bahwa ekstrak air daun sirsak dapat menurunkan kadar kolesterol total dengan dosis 100 mg/dl itu setara dengan 5 lembar daun sirsak basah. Cara kerjanya senyawa yang terkandung dalam daun sirsak akan menghambat penyerapan kolesterol di usus. Konsekuensi penghambatan penyerapan kolesterol adalah kolesterol dikeluarkan dari tubuh bersama feses yang merupakan lintasan utama untuk mengeluarkan kolesterol. Selain itu bisa dengan cara senyawa tersebut berikatan dengan asam empedu dan meningkatkan ekskresi asam empedu di dalam feses dan sterol netral (seperti koprostanol dan kolestanol). Hal ini menyebabkan konversi kolesterol menjadi asam empedu sangat meningkat untuk upaya mempertahankan depot asam empedu.

Konsekuensinya, reseptor LDL dari hati akan dinaikkan sehingga terjadi peningkatan pengambilan LDL yang akan disertai dengan penurunan kadar kolesterol plasma. Namun demikian harus diperhatikan dosis penggunaannya. Ekstrak air daun sirsak bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tetapi juga harus memperhatikan efek toksik atau efek merugikan yang tidak diinginkan dari daun sirsak tersebut.

Penulis : Indrawati

Leave a Reply

12 − 7 =